Sunday, January 18, 2015

Perilaku Marketer yang Menggelikan

Ada perilaku orang marketing (tidak semua) yang menurut saya menggelikan.

Misalnya, saya datang ke sebuah showroom sepeda motor, hendak membeli sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi yang saya inginkan. Kemudian pegawai marketing datang dan melayani pertanyaan-pertanyaan saya. 

Lalu sampailah pada satu saat ketika si pegawai marketing berkata: "Motor yang tipe X ini (yang harganya lebih mahal) lebih bagus pak daripada Y (lebih murah) karena bla bla bla....".

Jreengg.... ini tidak masuk akal di saya sebagai konsumen. Kenapa si pegawai marketing melakukan diskriminasi terhadap barang dagangannya sendiri? Apa dia gak khawatir nanti motor X dan Y berantem malam-malam di showroom? Kalau memang barang Y lebih jelek, kenapa kamu jual? Begitu bukan logikanya? Kenapa kamu tidak mendeskripsikan keunggulan masing-masing barangmu? Ini malah menjelek-jelekkan barang daganganmu sendiri....

Ada lagi, masih kasus sepeda motor. Cerita dari istri saya. "Kalau motor Y ini suaranya lebih nyempreng... masih bagusan motor X", kata marketingnya. Istri saya tanya "Kok bisa begitu? Mesinnya sama nggak?" Si marketing menjawab: "Sama, mbak". Lha kalo sama mesinnya, yang bikin suara Y nyempreng apaan? 

Tidak ada jawaban.

Dan sampai pada akhirnya saya tahu bahwa mereka mengejar komisi penjualan.... Penjualan motor X memberikan mereka komisi lebih besar daripada motor Y. Owalaaahhh..... pantesan....

No comments:

Post a Comment